DAMPAK CERITA HANTU BAGI ANAK-ANAK

hantu-pocong-sesat-petaling-jaya-malaysia+1152_12962799539-tpfil02aw-24319Cerita hantu adalah cerita yang paling sering kita dengar semasa kecil, baik di tempat bermain, di sekolah, bahkan di rumah. Seringkali para orang tua melarang anaknya untuk keluar rumah saat malam dengan menakutinya akan munculnya hantu. Hal itu memang terkesan efektif, namun tidak baik terhadap perkembangan si anak. Bayangkan, sejak kecil ia sudah dihantui dengan sesuatu yang tidak pernah ia lihat, tidak bisa ia buktikan dengan mata kepalanya sendiri. Akhirnya, jadilah si anak tersebut menjadi sosok yang penakut. Dampaknya tentu tidak sampai di situ saja, si anak akan berubah menjadi orang yang tidak rasional di awal pertumbuhan dan perkembangannya.

Para orang tua pasti tidak mengharapkan yang demikian, tapi mungkin cara itu yang paling cepat mengatasi kenakalan si anak, sehingga tidak terpikir dampak buruk yang ditimbulkannya. Teguran orang tua seringkali tidak digubris anak, sehingga mau tidak mau harus menakuti mereka dengan hantu. Cerita hantu mungkin salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah si anak bermain di luar rumah pada malam hari. Tapi dampak buruknya seringkali tidak dipikirkan, anak jadi takut keluar malam, takut di rumah sendirian, dan sebagainya. Perkembangan kepribadian anak akan terhambat, bahkan setiap hari ia akan selalu merasa waswas dan gelisah, apalagi sedang berjalan sendirian di malam hari. Hal ini tentu saja menjadi penghambat berkembangnya perasaan si anak. Ia akan selalu merasa diikuti oleh hantu, sehingga lama kelamaan akan tertanam ke dalam pikiran si anak sampai bertahun-tahun.

Untuk itu, sebaiknya jangan memberikan tontonan kepada anak-anak hal-hal yang berbau hantu. Apalagi menjadikannya sebagai alat untuk menakut-nakutinya. Jika sudah terlanjur, sebaiknya ceritakan kepadanya bahwa itu tidak nyata. Cerita hantu hanya akan menghambat perkembangan kepribadian anak. Meskipun memiliki dampak untuk mencegah kebiasaan anak bermain di luar rumah pada malam hari, tapi dampak buruknya jauh lebih besar. Jadi, lebih baik Anda menasehatinya dengan bijak daripada harus menakut-nakutinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s